Minggu, 22 Maret 2015

Tugas 1 ETIKA dan Profesionalisme TSI.

Soal
  1.  Jelaskan Apa Yang di maksud dengan Etika Secara Umum dan Berikan Contoh Penerapan Etika  dalam Sistem Informasi 
 Etika (ethic) bermakna sekumpulan azaz atau nilai yang berkenaan dengan akhlak, tata cara (adat, sopan santun) mengenai benar salah tentang hak dan kewajiban yang di anut oleh suatu golongan atau masyarakat .Etika harus diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam teknologi sistem informasi. Menggunakan internet dengan memanfaatkannya untuk tujuan baik dan tidak menyalahgunakannya sebagai sarana untuk merugikan orang lain juga merupakan contoh penerapan etika dalam teknologi sistem informasi. Contoh lainnya adalah menghargai aplikasi-aplikasi/perangkat lunak yang merupakan hasil karya seeorang/kelompok orang dengan tidak membajak/menggunakan bajakannya.      
     2. Apa Tujuan dari Penerapan Etika dalam Teknologi Sistem Informasi ? Jelaskan  
 Etika dalam teknologi sistem informasi memiliki tujuan sebagai dasar pijakan/pedoman yang harus ditaati untuk melakukan proses pembuatan, pengembangan dan penggunaan teknologi sistem informasi
     3.Jelaskan Etika apa yang aharus di perhatikan bagi Pembuat ,Pengembang dan Pengguna dalam teknologi Sistem Informasi ?
 Pembuat/pengembang teknologi sistem informasi harus menaati prosedur dalam proses pembuatan atau pengembangannya dan memperhatikan nilai manfaat dan tujuan pembuatan/pengembangan teknologi sistem informasi tersebut. Sedangkan bagi pengguna teknologi sistem informasi hendaknya dapat menggunakan / memanfaatkan teknologi sistem informasi tersebut sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku, tidak melakukan tindakan ilegal atau merugikan pihak pembuat, pengembang maupun pengguna lainnya.

Referensi :















  1.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar